Rabu, 16 Februari 2011

BERITA EKONOMI YG PENGARUHNYA TINGGI PADA TRANSAKSI FOREX

Categories:

Consumer Price Index (CPI)
Dampak ke pasar : Tinggi
Definisi: Index yang mengukur perubahan harga kelompok kebutuhan barang dan jasa, seperti makanan, energi, transportasi, properti, pendidikan, dan kesehatan. Dikenal juga sebagai index kebutuhan hidup (cost-of-living)
Kegunaan: Penting untuk mengawasi perubahan CPI, khususnya pada makanan dan energi (keduanya disebut sebagai core CPI). CPI menunjukkan stabilitas. Perubahan CPI biasanya menunjukkan perubahan trend inflasi. Tinggi rendahnya inflasi biasanya akan berpengaruh pada kebijakan suku bungga. Inflasi yang rendah akan berpengaruh pada kenaikan suku bungga sebaliknya inflasi yang tinggi akan bepengaruh pada penurunan suku bungga. Suku bungga yang rendah akan menggairahkan sektor industri untuk mendapatkan pinjaman modal dengan bungga yang relative lebih rendah sehingga akan menyerap banyak tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian. Semakin tingginya ekspor karena produksi yang meningkat akan menaikan jumlah uang yang beredar sehingga secara tidak langsung berpengaruh pada menurunya nilai mata uang Negara tersebut.
Sumber: Bureau of Labor Statistic, US. Department of Labor
Waktu terbit: Sekitar tgl 13 bulan berjalan, pukul 08.30 a.m EST, diterbitkan bulanan.

Employment Cost Index (ECI)
Dampak ke pasar : Tinggi
Definisi: ECI digunakan untuk mengukur perubahan atas biaya SDM, yaitu gaji, upah pekerja, tunjangan, dll.
Kegunaan: Penting untuk mengamati trend upah pekerja dan inflasi dari upah itu sendiri. Ancaman inflasi terhadp upah akan menaikkan suku bunga yang juga akan berpengaruh terhadap pasar modal, saham, dan lain-lain.
Sumber: US. Department of Labor, Bureau of Labor Statistics
Waktu terbit: 4 bulanan, hari terakhir kerja pada bulan Januari, april, Juli, dan Oktober. Pukul 08.30 a.m EST

Employment Report
Dampak ke pasar : Sangat Tinggi
Definisi : Ini Laporan ini terdiri dari laporan yang lengkap tentang kondisi ekonomi yang berisi informasi lowongan pekerjaan. Tingkat pengangguran, rata-rata pendapatan harian dan mingguan, termasuk rata-rata kebutuhan jam kerja yang terdapat dalam laporan ini. Indikator Non farm payroll merupakan indikator yang paling ditunggu oleh kebanyakan trader pada umumnya karena dampak pergerakan harga yang muncul akibat direalisnya berita ini.
Non farm payroll adalah berita yang menerangkan jumlah tenaga kerja dari sektor non pertanian yang bekerja baik full-time maupun part-time yang mendapat upah/gaji resmi dari lebih dari 500 perusahaan swasta maupun publik.
Kegunaan : Berita ini untuk menunjukkan pertumbuhan ekonomi suatu negara.
Kenaikan pengangguran menunjukkan melambatnya pertumbuhan suatu negara dan menurunnya tingkat suku bunga. Sebaliknya, penurunan tingkat pengangguran menunjukkan pertumbuhan positif suatu negara dan kenaikan suku bunga. Penurunan pengangguran juga mengakibatkan timbulnya kecemasan akan kenaikan gaji serta sulitnya mencari tenaga kerja. Oleh karena itu, kondisi yang terbaik adalah pada tingkat antara 5,5% – 6,09%.
Sumber : Bureau of Labor Statistics, US. Department of Labor.
Waktu terbit : Bulanan, Jum’at pertama bulan berjalan sekitar pukul 08.30 a.m EST.

Gross Domestic Product (GDP)
Dampak ke pasar : Tinggi
Definisi: GDP mencerminkan tingkat pendapatan per kapita rata-rata suatu negara. GDP mengukur nilai mata uang negara tersebut atas barang dan jasa yang dihasilkan di negara tersebut tanpa memperhatikan bahwa barang dan jasa tersebut dihasilkan dari aset milik siapa (milik negara lain/join), atau oleh siapa.
Kegunaan: Merupakan pengukuran yang paling komprehensif dan menjadi tolak ukur performa ekonomi suatu negara. GDP yang sehat berada pada kisaran 2.0% – 2.5% (dengan tingkat pengangguran berada pada kisaran 5.5% – 6.0%
Tingkat GDP yang terlalu tinggi akan mengakibatkan inflasi, sedangkan tingkat yang terlalu rendah akan menunjukkan lemahnya ekonomi negara tersebut.
Sumber: Bureau of Economics Analysis, US Department of Commerce.
Waktu terbit : 4 bulanan, minggu ketiga atau keempatdari bulan pertama, pukul 08.30 a.m EST.

Housing Start and Building Permit
Dampak ke pasar : Tinggi
Definisi: Pengukuran terhadap pembangunan properti khusus untuk perumahan.
Kegunaan: Digunakan untuk memperkirakan perubahan GDP. Walaupun pengaruh investasi terhadap rumah (pembelian rumah baru) hanya sebesar 4% dari keseluruhan GDP, tetapi sifatnya yang volatile bisa berpengaruh lebih besar terhadap perubahan GDP dalam waktu/tempo yang singkat.
Sumber: The Census Bureau of the Department of Commerce.
Waktu terbit: Bulanan, sekitar tgl 16 setiap bulannya, pukul 08.30 a.m EST

Chicago Purchasing Manager’s Index (PMI)
Dampak ke pasar : Tinggi
Definisi: Didasarkan pada survei terhadap lebih dari 200 manager pembelian untuk industri manufaktur di kota Chicago. Kota tersebut dianggap sebagai wakil Negara Amerika dalam perkembangan industri manufaktur.
Kegunaan: Dapat digunakan untuk memperkirakan index ISM adalah salah satu indikator utama untuk melihat pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.
Sumber: Chicago Purchasing Managers Assosiation.
Waktu Terbit: Hari kerja terakhir pada bulan berjalan, pukul 10.00 am EST.
Ada Revisi: Data direvisi 1 tahun sekali.

Producer Price Index (PPI)
Dampak ke pasar : Tinggi
Definisi: Producer Price Index menghitung harga rata-rata suatu barang di tingkat grosir. PPI membagi index dalam 3 kategori barang, yaitu industri, komoditas, dan stage-of-processing.
Kegunaan: Penting untuk melihat pergerakan index PPI (di luar core PPI, yaitu makanan dan energi). Pergerakan index PPI menunjukkan tAnda-tAnda awal perubahan tekana inflasi.
Tekanan inflasi akan membesar apabila index PPI lebih besar dari margin keuntungan yang diharapkan.
Sumber: Bureau of Labor Statistics, U.S. Department of Labor.
Waktu terbit: Bulanan, sekitar tanggal 11 bulan berjalan, pukul 08.30 a.m EST

Retail Sales
Dampak ke pasar : Tinggi
Definisi: Index ini menghitung jumlah total penjualan barang pada level retail di seluruh US (tidak termasuk penjualan jasa).
Kegunaan: Diguanakan untuk mengetahui trnd pembelian di tingkat konsumen dan dapat digunakan untuk mengetahui kesempatan investasi bagi para investor.
Sumber: The Cencus Bureau of The Department of Commerce
Waktu terbit: Bulanan, sekitar tanggal12 bulan berjalan, pukul 08.30 a.m EST.

Selain beberapa berita yang sangat kuat perpengaruh terhadap pergerakan harga seperti contoh diatas, dibawah ini akan dijelaskan beberapa Data ekonomi yang berpengaruh secara moderat terhadap pergerakan harga Foregin Exchange.

Beige Book
Definisi: Federal Reserve Bank (BI di Indonesia) di setiap cabang mengumpulkan informasi mengenai kondisi ekonomi di daerahnya masing-masing. Informasi didapatkan dari laporan Direktur Bank atas hasil wawancaranya dengan pengusaha, pakar ekonomi, ahli pemasaran, dan sumber-sumber lain. Beige Book merangkum semua informasi tersebut.
Kegunaan: “The Fed” menggunakan laporan tersebut bersama beberapa indikator lain untuk menentukan kebijaksanaan tingkat suku bunga dalam rapat FOMC. Rapat itu diadakan 2 minggu setelah diterbitkannya Beige Book.
Jika informasi pada Beige Book menunjukkan adanya tekanan inflasi, maka “The Fed” akan menaikkan tingkat suku bunga untuk meredam, demikian juga sebaliknya.
Sumber: Federal Reserve Board.
Waktu Terbit: 8 kali setiap tahun.

Durable Goods Order
Definisi: Nama lainnya adalah Advanced Report on Durable Goods Manufacter’s Shipment and Orders. Merupakan index dari pemerintah untuk mengukur volume dolar pada durable goods. Durable goods merupakan kata yang digunakan untuk mewakili kelompok orang (baik baru atau bekas) yang memiliki masa kegunaan lebih dari tiga tahun (selain barang yang termasuk dalam kategori barang yang digunakan oleh departemen pertahanan dan transportasi.
Kegunaan: Melalui laporan ini kita akan mengetahui kebutuhan akan ‘durable goods’, baik untuk kebutuhan dalam negeri maupun luar negeri (ekspor).
Index yang mengalami kenaikan menunjukkan kenaikan kebutuhan barang ‘durable goods’, yang berakibat juga terhadap kenaikan produksi dan kebutuhan tenaga kerja. Demikian juga sebaliknya.
Index tersebut juga merupakan indikator awal dari ‘consumer and business demand of equipment’. Kenaikan index Durable Goods Order akan membantu menekan kenaikan inflasi.
Sumber: The Census Bureau of The Department of Commerce.
Waktu terbit: Bulanan, sekitar tgl 26, pukul 08.30 a.m EST.

Existing Home Sales
Definisi: Laporan ini mengukur rata-rata penjualan rumah baru dan merupakan indikator utama dalam sektor properti.
Kegunaan: Menunjukkan kebutuhan akan rumah dan momentum perbaikan ekonomi. Momentum dapat timbul apabila angka laporan naik cukup tajam. Hal tersebut terjadi dengan asumsi bahwa seorang yang hendak membeli rumah pasti memiliki persiapan dana yang cukup besar.
Sumber: The National Association of Realtors.
Waktu terbit: Bulanan, sekitar tgl 25 pada bulan berjalan.
Ada Revisi: Ada, bulanan. Ada juga revisi untuk 3 tahun berjalan.
Dampak Revisi: Besar

Industrial Production and Capacity Utilization
Definisi: Index industrial production merupakan kunci bagi pengukuran hasil produksi (berupa barang dan jasa) yang diperoleh dari pabrik, pertambangan, dan lain-lain. Capacity utilization menghitung rata-rata kapasitas penggunaan mesin pada pabrik-pabrik tersebut, yakni berapa persen efisiensi yang dicapai.
Kegunaan: Sektor industri menyumbang 25% pertumbuhan GDP. Oleh karena itu, index di atas digunakan untuk meramalkan pertumbuhan GDP.
Investor menggunakan rata-rata kapasitas penggunaan (Capacity Utilization) sebagai petunjuk inflasi. Jika rata-ratanya > 85%, maka tekanan inflasi akan muncul.
Sumber: Board of Governors of thr Federal Reserve System
Waktu terbit: Bulanan, sekitar tanggal 15 pada bulan berjalan, pukul 09.15 a.m EST,

Initial Claims
Definisi: Index pemerintah yang mencatat jumlah warga yang pertama kali mengisi formulir jaminan tunjangan karena kehilangan pekerjaan (menganggur).
Kegunaan: Investor menggunakan data-data tersebut untuk membuat grafik trend pengangguran dalam dunia usaha. Jika terjadi lonjakan pada index tersebut (di atas 30.000 orang), maka hal tersebut menunjukkan bahwa pasar sedang dalam kondisi lesu, demikian juga sebaliknya.
Sumber: The Employment and Training Administration of the Department oh Labor.
Waktu terbit: Mingguan, terbit hari Selasa pukul 08.30 a.m EST dan berakhir hari Sabtu.

ISM Manufacturing Index
Definisi: Index ISM Manufacturing didasarkan pada survei terhadap 300 manajer pembelanjaan dari seluruh negara yang mewakili 20 industri manufaktur. Index mewakili jumlah pemesanan. Total produksi, karyawan, inventaris, harga, ekspor, impor dan ketepatan waktu pengiriman.
Kegunaan: Merupakan indikator utama yang terkait dengan bisnis manufaktur. Apabila index menunjukkan angka di atas 50%, berarti pertumbuhan sektor tersebut dan kondisi ekonomi dalam keadaan sehat, demikian juga sebaliknya.
Sumber: Institute for Supply Management, dahulu NAPM: National Association of Puchasing Managers.
Waktu terbit:Bulanan, hari kerja pertama belum berjalan.

ISM Service Index
Definisi: Dikenal juga sebagai ISM untuk industri nonmanufaktur. Index tersebut dibuat berdasarkan survei terhadap 360 manajer pembelanjaan di industri keuangan, asuransi, real-estate, komunikasi, dll.
Kegunaan: Index di atas 50% menunjukkan perkembangan yang positif atas industri nonmanufaktur.
Sumber: Institute for Supply Management, dahulu NAPM.
Waktu terbit: Bulanan, pada hari ketiga pada ulan berjalan, pukul 10.00 a.m EST.

Personal Income and Consumption
Definisi: Index ini mempresentasikan pendapatan rumah tangga dari semua sumber.
Index ini membagi konsumsi konsumen dalam 3 bagian, yaitu konsumsi terhadap ‘durable goods’, ‘nondurable goods’, dan service (jasa).
Kegunaan: Pendapatan dan pengeluaran, 2 hal yang menggerakkan ekonomi regional. Kenaikan index pengeluaran (konsumsi) berpengaruh positif terhadap saham.
Sumber: The Bureau of Economics Analysis of The Department of Commerce.
Waktu terbit: Bulanan, hari kerja pertama pada bulan berjalan, pukul 08.30 a.m EST.

Philadelphia Fed
Definisi: Index manufaktur regional meliputi Pennsylvania, New Jersey, dan Delaware. Philadelphia Fed index mendukung index manufaktur nasional.
Kegunaan: Index di atas 50% menunjukkan perumbuhan positif, demikian juga sebaliknya
Sumber: The Philadelphia Federal Reserve Bank
Waktu terbit: Bulanan, pada kamis minggu ketiga pukul 10.00 a.m EST

International Trader
Definisi: Pengukuran ini menghitung perbedaan antara jumlah ekspor dan impor (barang dan jasa).
Kegunaan: Impor dan ekspor merupakan komponen penting dan berpengaruh terhadap GDP, yang menyumbang sekitar 14% dan 12%. Ekspor yang kuat akan berpengaruh terhadap kenaikan harga saham.
Sumber: The Cencus Bureau of Economic Analysis of The Department of Commerce.
Waktu terbit: Bulanan, sekitar tanggal 19 bulan berjalan, pukul 08.30 a.m EST.


sumber : klik disini

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "BERITA EKONOMI YG PENGARUHNYA TINGGI PADA TRANSAKSI FOREX"

Poskan Komentar